TIPS DAN CARA BISNIS ONLINE TERBARU
Bisnis Online
Dalam era digital telah membuka peluang yang luas untuk berbisnis
secara online. Saat ini, telah berkembang berbagai platform usaha jualan
online, dengan inovasi yang tiada henti karena adanya dukungan
teknologi. Hampir sebagian besar bisnis dari berbagai bidang, yang
sebelumnya hanya dijalankan secara konvensional, kini sudah go online.
sumber photo google com tips dan cara bisnis online terbaru |
Buat kamu yang saat ini sedang tidak bekerja, belum memiliki pekerjaan karena baru saja menamatkan pendidikan, atau kamu yang sudah merasa bosan bekerja di kantor dan ingin memulai bisnis sendiri, inilah saat yang tepat, karena saat ini menjalankan bisnis secara online sudah bisa dijadikan sebagai mata pencaharian. Sebagai pemula, modal utama yang kamu butuhkan pastinya perangkat digital yang mobile atau smartphone dan kuota internet.
Jualan online
sebenarnya tidak selalu butuh modal besar. Kamu bisa memanfaatkan
teknologi yang ada untuk mendirikan online shop. Bisnis ini bisa diakses
kapanpun dan dimanapun, terlebih dengan hadirnya berbagai kemudahan
melalui aplikasi mobile. Berikut ini yang memuat cara dan tips untuk
memulai jualan online dengan bantuan aplikasi mobile yang sangat
recommended.
Tips Dan Cara untuk Memulai Bisnis Online
Berjualan
secara online saat ini lebih banyak diminati oleh para pemilik usaha,
karena lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional
(offline). Menjual barang secara online dapat menghemat pengeluaran
dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan. Sebelum kamu
memutuskan berjualan secara online, ada beberapa hal yang perlu kamu
perhatikan. Berikut adalah cara efektif untuk memulai usaha online shop.
1. Tentukan jenis produk, brand, logo dan target pasar
Langkah
awal dalam memulai jualan online adalah menentukan produk apa yang akan
kamu jual. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset atau menganalisa
produk apa yang menguntungkan dan menjadi kebutuhan bagi calon konsumen.
Kamu bisa memilih menjual produk sesuai dengan minat kamu, tetapi lihat
juga apakah jenis produk tersebut memiliki prospek yang bagus untuk
dijual.
Kamu pun bisa menjual produk yang sering kamu gunakan dan
kamu paham apa kelebihan dan kekurangannya. Lebih baik lagi jika produk
yang kamu pilih adalah yang everlasting atau yang selalu dibutuhkan
orang sepanjang masa, sehingga keberadaannya di pasaran bisa bertahan
lama.
Berbeda jika memilih produk yang sedang trend saja, yang
jika trend-nya berakhir maka produk pun ikut tenggelam popularitasnya.
Cobalah untuk memahami kebutuhan para konsumen. Pilihlah produk yang
memang bisa dijual dengan harga rata-rata, tidak terlalu mahal dan tidak
juga murah, namun utamakan kualitas produk. Selain itu, produk juga
harus memiliki ciri khas, sehingga saat dibandingkan dengan produk
sejenis, produk kamu memiliki keunggulan.
Tidak hanya menentukan
produk, kamu juga harus menentukan segmentasi dan siapa saja target
market-nya. Selain itu, tentukan nama yang cocok dan pas untuk merek
dagang kamu. Buatlah nama yang simpel dan unik supaya brand kamu mudah
diingat, serta membuat desain atau logo dari brand tersebut. Pilihlah
desain dengan warna unik yang bisa merepresentasikan produk yang akan
kamu jual.
2. Lakukan perhitungan budget
Buatlah
rencana anggaran yang baik saat memulai online shop, termasuk yang
digunakan untuk modal awal dan perkiraan biaya operasional. Perencanaan
anggaran ini berfungsi untuk mengetahui jumlah nominal modal yang harus
disiapkan. Anggaran ini juga digunakan sebagai acuan perhitungan
selanjutnya yang menyangkut pengeluaran dan jumlah keuntungan yang akan
diperoleh.
Selama menjalankan online shop, pastikan juga kamu
melakukan pembukuan dengan baik dan akurat. Semua transaksi keuangan
harus tercatat dengan rapi, agar kamu dapat mengetahui dengan akurat
berapa pendapatan dan pengeluaran dalam keuangan usahamu. Kamu bisa
menggunakan aplikasi mobile yang recommended untuk pembukuan keuangan
usaha, untuk membantu mengelola urusan finansial dan pembukuan online
shop kamu secara optimal.
3. Buat foto dan video produk yang menarik
Bisnis
Online Menjual produk secara online berarti konsumen tidak melihat
langsung produk tersebut, melainkan hanya melalui media seperti foto dan
video. Untuk mengatasi hal tersebut, maka foto dan video produk perlu
dibuat semenarik mungkin untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli
produk kamu.
Sebelum membuat foto produk, kamu bisa mencari
inspirasi dari contoh foto produk sejenis yang menurutmu cocok. Tak ada
salahnya mencontoh konsep foto tersebut sebagai konsep awal, namun kamu
harus menggunakan produk kamu sendiri sebagai objek utama, dan lebih
baik lagi jika bisa memodifikasi konsep awal tersebut sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik produkmu.
4. Buat akun Bisnis Online di media sosial
Suatu
usaha online shop perlu memiliki akun media sosial, misalkan Instagram,
dan buatlah akunnya menjadi akun business supaya kamu bisa menggunakan
fitur insight untuk mengetahui berapa banyak audiens yang sudah
mengunjungi akun online shop kamu. Adanya media sosial bisa dibilang
salah satu cara mudah yang bisa membantu menyebarluaskan online shop
kamu dan berinteraksi dengan pelanggan melalui fitur chat dan
comment-nya.
5. Tentukan platform penjualan bisnis online shop
Kamu
perlu menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk
mempromosikan bisnis online shop ini. Dengan begitu, kamu bisa menyusun
strategi yang tepat untuk produk yang akan dijual di bisnis online yang
kamu jalani.
Pastikan platform tersebut dapat mempermudah para
pembeli untuk mendapatkan produk yang kamu jual, misalkan kamu menjual
barang-barang elektronik yang harganya mencapai jutaan rupiah, kita
harus memilih platform yang menyediakan sistem pembelian secara kredit
dengan perhitungan dan keamanan yang terjamin bagi kamu dan konsumen.
Selain
memiliki akun media sosial, sebaiknya kamu menangkap peluang lainnya
dengan mendaftarkan toko online shop milikmu di berbagai marketplace.
Melalui marketplace, kamu sudah memiliki lapak jualan secara online, dan
hal ini tentu cukup menguntungkan karena di satu sisi, kamu tidak perlu
mengeluarkan uang untuk menyewa tempat berjualan seperti pada umumnya.
6. Lakukan promosi di berbagai media
Promosikan
usaha kamu secara online ke berbagai media sosial. Dengan begitu,
banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan online shop barumu. Mungkin
saja ada yang tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
Selain
melalui akun media sosial, lakukan promosi melalui website dan status
Whatsapp. Dengan begitu orang-orang akan semakin mengenal produk
tersebut. Jejaring sosial memang memiliki peranan penting dalam
mempromosikan produk secara luas. Dalam media sosial, kamu bisa
menggunakan promosi secara gratis maupun berbayar.
Bentuk promosi
yang berbayar bisa dilakukan oleh online shop dengan menggunakan jasa
paid promote atau endorse ke influencer. Ketika kamu ingin meng-endorse
influencer, pastikan kamu harus menentukan apakah followers dari
influencer tersebut sesuai dengan target market kamu. Hal ini dilakukan
agar promosi yang sudah dilakukan tidak sia-sia begitu saja.
7. Utamakan kualitas
Penjualan
secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk yang kamu jual
dari foto dan dari keterangan yang kamu berikan mengenai produk
tersebut. Karena itulah kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan
memperhatikan kualitas produk yang kita jual.
Utamakan kualitas
produk agar konsumen merasa puas. Pada akhirnya, di tengah persaingan
dengan usaha lain yang menawarkan produk yang serupa, kualitas lah yang
terpenting dan menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam menentukan
pilihan produk yang akan dibeli.
Konsumen tidak hanya berpatokan
pada harga, namun juga kualitas. Sediakan produk dengan kualitas
terbaik, sehingga tidak mengecewakan konsumen. Ketika produk yang kita
tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan
para pembeli menyebarkannya.
Jangan sampai kamu kecolongan dan
menjual barang dengan kualitas buruk, sehingga akan mengecewakan pembeli
dan akan membuat pembeli tersebut tidak lagi belanja di online shop
kamu. Pembeli tersebut pun akan menyebarkan kabar kekecewaannya kepada
lingkaran terdekatnya, seperti keluarga dan teman-temannya. Hal ini akan
memberikan dampak buruk bagi perkembangan usaha kamu.
8. Berikan layanan yang terbaik
Jika
kamu sudah memiliki pelanggan, maka berikan pelayanan yang memuaskan
agar pelanggan melakukan repeat order. Layanan prima bisa berupa
keramahan untuk menjawab saat konsumen menanyakan jenis produk dan
detailnya. Berikan respon yang sigap dan layanan cepat kirim pada
konsumen.
Layanan yang baik juga termasuk memperhatikan proses
pengiriman. Dalam proses pengiriman, pastikan bahwa barang yang akan
dijual aman dan terkirim sampai kepada pembeli. Pilihlah jasa ekspedisi
yang cocok, misalkan dalam menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan
pengiriman lebih dari sehari tentu saja aman. Lain halnya dengan makanan
yang memang tidak tahan lama. Gunakanlah jasa ekspedisi yang dapat
mengantar makanan secara cepat agar ketika sampai ke tangan pembeli,
rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.
9. Berikan promosi dan diskon
Salah
satu strategi dalam menjalankan bisnis online shop adalah memberikan
berbagai jenis promosi serta potongan harga. Promosi akan lebih dapat
menarik pembeli, hal ini sangat ampuh karena semua pelanggan pasti
menyukai diskon.
Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai
bagian dari pengenalan brand online shop yang baru. Branding merupakan
hal penting dalam menjalankan bisnis, karena branding yang kuat bisa
membawa kesuksesan. Bahkan jika branding suatu bisnis sudah terbangun
kuat, semahal apapun harga produk yang dijual, pembeli akan rela membeli
walaupun mereka sadar bahwa harganya sangat mahal.
10. Mempertimbangkan testimoni pelanggan
Dalam menjalankan bisnis secara online, kenyataannya tidak selalu mudah untuk menarik seorang pembeli yang mungkin masih memilih produk mana yang paling pas dan mempertimbangkannya dengan seksama. Disinilah pentingnya testimoni dari pelanggan lain, yang bisa menjadi bahan pertimbangan seorang konsumen untuk memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak.Dengan adanya sebuah testimoni yang baik tentu akan memberikan pengaruh bagi kepercayaan seorang pembeli. Tidak hanya itu, dengan adanya testimoni kamu bisa melakukan penilaian atau evaluasi terhadap kualitas yang kamu jual agar kedepannya bisa memberikan produk dengan kualitas yang lebih baik.
My Blog : https://seo-joker123.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment